Kamis, 17 Agustus 2017

Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah, Apa Itu Sarahah? Mengapa Aplikasi Android Ini Mendadak Viral Dan Kontroversial ?

 Apa sih Sarahah itu?, aplikasi kontroversial yang sedang dibicarakan semua orang.
Sarahah bisa menjadi mode media sosial lainnya, tapi saat ini kecepatannya naik di tempat bersama raksasa Snapchat dan Twitter. Dalam beberapa bulan pertama di pasar, Sarahah menjadi no. 1 aplikasi iTunes gratis di App Store, topping YouTube, Instagram, dan Facebook. Sarahah sudah memiliki 15 juta pengguna dan telah diunduh 4 juta kali di iOS dan setidaknya 5 juta kali di perangkat Android.

Sementara jumlah mengesankan tersebut terutama berasal dari popularitasnya di negara-negara Timur Tengah seperti Mesir dan Arab Saudi, Sarahah dengan cepat menuju ke A.S. dan Eropa.

Tapi apa sebenarnya Sarahah, dan bagaimana Anda menggunakannya? Mari kita ulas dalam artikel berikut ini.

Awal tahun ini, programmer Saudi Zain Alabdin Tawfiq mengembangkan sebuah aplikasi berbasis kerja yang akan melayani bisnis dan perusahaan untuk mengetahui feedback karyawan mereka dengan jujur. Karena kunci dari aplikasi ini adalah agar karyawan bisa mengirim pesan tanpa nama. Sarahah sebuah aplikasi yang mendadak terkenal karena didesain untuk mengembangkan perilaku jujur. Sarahah sangat mengesankan, karena baru dirilis 5 bulan yang lalu, aplikasi ini berhasil didownload 3,88 juta  hanya di Amerika Serikat saja, lebih banyak didownload daripada Facebook Messenger, Netflix dan bahkan WhatsApp yang serba canggih yang menduduki posisi penjualan pertama di Apple App Store di 30 negara. 


Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah

Apa itu Sarahah?

Sarahah, yang berarti "kejujuran" atau "keterbukaan," dimulai sebagai alat untuk memberi umpan balik di tempat kerja dalam setting anonim, tapi sekarang banyak digunakan oleh remaja. Konsepnya sederhana : Pengguna dapat memposting opini jujur ​​ke halaman profil lain tanpa memberikan identitas mereka. Tujuannya adalah untuk memberi landasan kepada orang-orang untuk membantu orang lain mengenali kekuatan dan kelemahan mereka tanpa kecanggungan menceritakannya ke wajah mereka.

Menurut aplikasi : "Sarahah membantu Anda dalam menemukan kekuatan dan area Anda untuk perbaikan dengan menerima umpan balik yang jujur ​​dari karyawan dan teman Anda secara pribadi."

Tapi apa yang awalnya dimaksudkan untuk refleksi diri sekarang dikritik karena memicu intimidasi online. Tampilan pada ulasan aplikasi Android menunjukkan opini polarisasi. Ini memiliki lebih dari 10.000 ulasan bintang lima dan hampir sebanyak satu bintang. Banyak situs komentar negatif mengganggu contoh penyalahgunaan online dan potensi penindasan maya.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah?

Apa Itu Sarahah? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah


Seperti gambar di atas, jendela pesan utama dari aplikasi Sarahan memiliki tiga tab yang berbeda di bagian atas. Dari sana, Anda bisa melihat pesan yang Anda terima, favorited, dan Send ke orang lain. Di bagian bawah, ada empat menu pilihan. Terlepas dari jendela pesan utama, pilihan lainnya adalah Penelusuran, Jelajahi, dan Profil. Explore ditandai sebagai fitur baru yang sedang dikembangkan.

Apa Itu Sarahah? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah

Setelah mencari teman, Anda dapat memilih profil dan mengetuknya untuk membuka kotak pesan baru yang meminta Anda untuk meninggalkan pesan "konstruktif." Anda hanya dapat mengirim pesan teks, tidak ada pilihan untuk berbagi foto.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Banyak Like Pada Foto Instagram

Apa Itu Sarahah? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah
Pengguna yang menerima pesan bisa sama dengan menggunakan tombol hati atau memblokir pengirim. Perlu dicatat bahwa receiver tidak memiliki kekuatan untuk menanggapi pesan apapun.

Untuk mengundang umpan balik dari rekan kerja dan teman Anda, Sarahah memberikan opsi untuk membagikan tautan ke tautan Sarahah dan nama pengguna Anda di Facebook, WhatsApp, Twitter, Telegram, dan Snapchat.

Apa Itu Sarahah? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Sarahah

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan Sarahah Anda bisa download aplikasinya untuk Android Disini, atau Anda bisa register melalui situs sarahah.com disini.  

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Sarahah.


Bagaimana dengan aspek negatif Sarahah?

Setelah popularitasnya meledak, orang-orang mengungkapkan kekhawatiran mereka mengenai kemungkinan menggunakan aplikasi Sarahah sebagai alat cyber bullying. Platform seperti Facebook dan Twitter bukanlah hal baru bagi troll dan pengganggu, dan menambahkan lapisan tambahan anonimitas lengkap bisa melangkah lebih jauh.  

Baca Juga : Begini Cara Melihat Foto Instagram Yang di Private Tanpa Follow

Jika kita melihat ulasan pengguna di Play Store dan App Store, beberapa telah memuji aplikasi untuk konsep dan kesenangan barunya, yang lain telah menyalahkannya karena menyebarkan kebencian online. Apapun yang mungkin menjadi kasus sebenarnya, Sarahah pasti telah mengambil alih internet dengan badai dan akan menarik untuk dicatat sebagai kemajuan masa depannya.
Bagaimana cara kerjanya? kamu harus mendownload aplikasi, menginstalnya, membuat akun dan kamu langsung bisa mengirim pesan anonim melalui sebuah komentar. 

Sarahah, Mengapa Aplikasi Android Ini Mendadak Viral Dan Kontroversial ?

Sepertinya terlihat bagus saat berada di lingkungan kerja dan konstruktif. Tapi masalahnya adalah bahwa penggunaan Sarahah, yang dalam bahasa Arab berarti 'Kejujuran', telah menghasilkan sesuatu yang sama sekali berbeda di luar lingkup yang diciptakannya.

Mengapa ? karena Snapchat, salah satu jaringan sosial terpopuler dan memungkinkan siapa pun yang memiliki akun di Sarahah bisa membagikannya melalui Snapchat. Dengan Snapchat, Sarahah telah menjadi aplikasi yang bisa disalahgunakan untuk mengirim pesan pelecehan, ancaman, penghinaan, bahkan meneror seseorang karena akses anonimitas.

Sarahah bisa menjadi tempat berkembang biaknya intimidasi anonim dan aplikasi kesekian yang terlahir sebagai sesuatu yang positif dan baru berubah menjadi sesuatu yang merusak, sama seperti perpanjangan pesan anonim Facebook, atau situs Askfm yang para pengembangnya menghapus setelah muncul kasus bunuh diri

Bak pedang bermata dua, jika aplikasi ini berada ditangan orang baik maka bisa bermanfaat untuk menilai sebuah kejujuran. Namun akan terjadi sebaliknya jika aplikasi ini disalahgunakan, karena berbagi akun dengan jutaan pengguna yang tidak dikenal, Snapchat telah menjadikan Sarahah dimanfaatkan oleh berbagai tipe orang sesuai dengan keinginannya

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Zain dan timnya bisa memperbaiki aplikasinya, atau akan bernasib sama dengan Askfm
Latest
Next Post

0 Comment:

Berkomentarlah yang sopan & yang OOT tidak akan ditampilkan
Orang yang berkomentar menggunakan URL akan di Hapus